Pengertian Layar OLED Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Layar OLED: Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Apoxx –¬†Industri teknologi semakin berkembang dan mengalami pembaruan yang semakin banyak. Dalam dunia gadget sendiri, banyak sekali perangkat-perangkat baru dan canggih yang dirilis di seluruh dunia. Contoh yang sedang populer saat ini adalah layar OLED. Terlepas dari semuanya, ternyata banyak orang yang masih belum mengetahui kelebihan dan kekurangan layar OLED.

Perlu Anda ketahui bahwa layar OLED kini mulai digunakan di berbagai perangkat seperti TV dan smartphone. Jenis layar baru ini banyak diminati karena dapat memberikan konsumsi daya yang rendah, sehingga layar ini dapat menghasilkan tingkat kehitaman yang semakin dalam.

Pengertian Layar OLED

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode. OLED termasuk layar yang didukung oleh panel yang memiliki elemen organik karena mengandung hidrogen dan karbon. Layar OLED ini dapat memancarkan cahayanya sendiri meski tidak dibandingkan dengan sumber cahaya lain saat dinyalakan.

Saat ini layar jenis OLED sudah mulai diintegrasikan ke dalam sejumlah perangkat elektronik, seperti smartphone dan televisi. Jenis layar baru ini banyak peminatnya karena dapat memberikan konsumsi daya yang lebih rendah dan dapat memberikan tingkat kehitaman yang semakin dalam.

Cara kerja layar OLED ini adalah ketika elektroda menerima medan arus listrik, fungsi kerja katoda berkurang dan menyebabkan elektron yang dikandungnya berpindah dari katoda ke pita konduksi pada lapisan organik. Hal ini menyebabkan munculnya lubang di pita valensi.

Anoda berikutnya menyebabkan lubang bergerak menuju pita valensi organik. Proses ini menyebabkan terjadinya proses rekombinasi pada elektron dan hole pada lapisan organik. Saat itulah elektron akan turun dan menyatu dengan lubang. Ini kemudian akan memberikan energi dalam bentuk foton cahaya.

Layar OLED dapat memancarkan warna cahaya yang berbeda, tergantung pada jenis molekul organik yang digunakan pada lapisan emisif. Pada saat pembuatan, pabrikan menggunakan berbagai jenis pelapis organik.

Kecerahan cahaya dari layar OLED ditentukan oleh tinggi rendahnya arus listrik yang diterimanya. Jika arus listrik yang diterima banyak, tentunya lampu OLED juga akan lebih terang.

Kelebihan dan Kekurangan Layar Oled

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan layar OLED jenis ini di berbagai perangkat elektronik kekinian yang harus Anda ketahui.

Kelebihan Layar OLED

  • Memiliki tingkat warna gelap yang lebih dalam dan intens.
  • Layar OLED tipis, fleksibel, dan cenderung lebih ringan. Dengan demikian, bobot ponsel ini cenderung sangat ringan.
  • Tidak ada kebocoran cahaya
  • Lebih hemat energi
  • Lebih terang dari LED
  • Kisaran area warna, sudut pandang, dan tingkat kecerahan yang dimilikinya sangat mumpuni.
  • Tampilannya lebih menarik karena terbuat dari kolaborasi warna.
  • Memiliki waktu respon yang lebih cepat dibandingkan layar LCD pada umumnya.

Sebagai data, layar LCD memiliki waktu reaksi 8-12 milidetik, sedangkan waktu reaksi layar OLED tidak mencapai 0,01 milidetik.

Kekurangan Layar OLED

Meski terbilang super canggih dan memiliki banyak peminat, bukan berarti OLED tanpa cela. Kerugian dari layar OLED adalah:

  • Umur layar OLED lebih pendek dari jenis layar lainnya. OLED hijau dan merah, misalnya, memiliki rentang hidup yang panjang antara 46.000 dan 230.000 jam. Blue OLED memiliki umur lebih pendek hanya 14.000 jam.
  • Rentan terhadap air
  • Biaya produksi yang dibutuhkan tinggi, sehingga perangkat yang menggunakan layar OLED juga lebih mahal.
  • Kualitas layar OLED menurun saat terkena sinar matahari.

Referensi:

www.kelasplc.com